Jumat, 20 Juli 2012

AVIATION SECURITY


AVIATION SECURITY

Apa sih Aviation Security itu?
Kalo dibahasa Indonesiain sih artinya Keamanan Penerbangan..
Tapi nggak cuma itu…ceritanya masih panjang lho
Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2009 tentang Penerbangan, Bab I butir 49 :
Keamanan Penerbangan adalah suatu keadaan yang memberikan perlindungan kepada penerbangan dari tindakan melawan hukum melalui keterpaduan pemanfaatan sumber daya manusia, fasilitas dan prosedur.
Ribet juga ya..Karena itu Petugas Aviation Security (Avsec) tidak sama dengan Satpam ataupun security lainnya.
Petugas Avsec bertanggung jawab atas terciptanya Keamanan Penerbangan.
Apalagi semenjak kejadian 9/11 di negrinya Lady Gaga  sana..Keamanan Penerbangan semakin diperketat karena berkaitan dengan nyawa pengguna jasa transportasi udara.
Serem juga…

Makanya kalo kita ke bandara begitu mau masuk ke area Check-In, para bapak/ibu Petugas Avsec terlebih dahulu memeriksa tiket kita dan disesuaikan dengan identitas kita guna memastikan yang berangkat memang orang tersebut.         
Setelah itu kita diminta memasukkan barang-barang bawaan kita ke mesin X-Ray untuk mengetahui barang-barang yang mungkin berbahaya bagi keamanan penerbangan atau dilarang dibawa ke pesawat udara.Termasuk juga jaket, topi, jam tangan,handphone, ikat pinggang, kunci, dan barang-barang yang mengandung logam lainnya harus dimasukkan ke dalam mesin X-Ray untuk diperiksa.
Setelah itu kita diarahkan untuk melewati Gawang Pendeteksi Logam atau disebut Walk Through Metal Detector (WTMD).Itu gunanya untuk mendeteksi barang-barang yang mengandug logam yang mungkin secara sengaja ataupun tidak sengaja melekat pada badan kita.
Kalo alarm WTMD nya nggak bunyi, kita boleh langsung meninggalkan Tempat Pemeriksaan.
Terus kalo alarm WTMD nya bunyi gimana dong??Nggak usah panik gitu dong..

Kalo alarm WTMD nya bunyi, maka bapak/ibu petugas Avsec akan meminta kita untuk memeriksa kembali pakaian, saku, dll siapa tau masih ada benda logam yang belum dikeluarkan. Jika ada, masukin lagi deh ke dalam mesin X-Ray. Terus kita diminta sekali lagi untuk melewati WTMD. Jika alarmnya masih bunyi,maka petugas Avsec melakukan pemeriksaan fisik kepada kita untuk mengetahui apa dan dimana letak benda/barang yang menyebabkan alarm tersebut tadi bunyi.
Kalo tidak ditemukan barang/benda yang dianggap dapat mengancam/membahayakan keamanan dan keselamatan penerbangan, baru deh kita boleh meninggalkan Tempat Pemeriksaan. Jangan lupa barang-barang yang tadi dimasukkan ke mesin X-Ray diambil lagi.
Hal yang sama juga dilakukan jika kita akan memasuki Ruang Tunggu ( Waiting Room ).

Aduh..capek banget sih!!Kalo dipikir-pikir bapak/ibu petugas Avsec ini kok curigaan amat ya?
Sebenarnya bukan begitu..Tanggung jawab Petugas Avsec itu sangat besar, sehingga mereka melakukan pencegahan agar tidak terjadi tindakan melawan hukum dalam penerbangan.
Ingat dong peristiwa 9/11 atau peristiwa pembajakan pesawat udara lainnya?
Peristiwa-peristiwa tersebut kan memberikan kerugian yang sangat besar. Banyak korban jiwa berjatuhan, belum lagi kerugian materi dan trauma.
Makanya untuk mencegah hal itu agar tidak terjadi lagi, para petugas Avsec melakukan pemeriksaan kepada penumpang pesawat udara. Bukan hanya penumpang..Kargo, kendaraan, pos yang akan memasuki Daerah Keamanan Terbatas juga harus diperiksa oleh para Petugas Avsec. Semua itu untuk mewujudkan penerbangan yang aman dan selamat.

Sebenarnya para Petugas Avsec itu perhatian lho ama kita..mereka melakukan hal itu semua agar kita selamat sampai tujuan kita masing-masing. Untuk itu kita juga harus bersikap kooperatif bila diperiksa karena untuk kebaikan kita juga demi terciptanya penerbangan yang aman dan selamat.
                   

1 komentar:

  1. Mantafff kali min Infonya... Thx yaa, kebetulan lagi belajar ilmu AVSEC juga... hehehehe

    BalasHapus